Wednesday, February 20, 2013

PUDDING TAHU BUAH


Sudah beberapa kali posting pudding segar yang satu ini. Pembuatannya relatif mudah, bisa disajikan dengan cara dipotong-potong seperti ini, atau langsung dicetak menggunakan personal cup.
Walaupun namanya 'pudding tahu' tetapi sama sekali tidak menggunakan tahu dalam komposisi bahan-bahannya. Disebut pudding tahu karena tekstur dan penampakannya mirip seperti tahu, yaitu putih dan lembut. Kadang aja juga yang menyebutnya pudding sutera.
Jika membuatnya menggunakan cup, adonan pudding bisa dibuat menggunakan lebih banyak cairan, karena makannya langsung disendoki. Tetapi jika penyajiannya akan dipotong-potong seperti yang saya buat kali ini, kurangi jumlah cairannya agar pudding masih kokoh untuk dipotong-potong, tetapi tetap lembut.

Pudding ini memang pas disajikan dengan buah, jadi ada sensasi segarnya berpadu dengan pudding vanilla yang lembut. Berikut adalah resep yang biasa saya buat.



PUDDING TAHU BUAH
ditulis oleh Ricke Indriani

1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
65 gram gula pasir
200 ml susu kental manis putih
1100 ml air
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla

1 kaleng fruit cocktail, tiriskan airnya
1 kaleng jeruk mandarin, tiriskan airnya
Sirup orange/leci (sesuai selera), dicampur dengan air mengikuti instruksi kemasan

Cara membuat:
1. Campur susu kental manis, air dan garam ke dalam panci. Aduk rata.
2. Campur agar-agar bubuk dan gula pasir, aduk rata. Masukkan ke dalam larutan susu, aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih pertama kali (jangan didihkankan lama nanti susunya pecah dan pudding menjadi tidak mulus).
3. Tuang ke dalam loyang/cetakan yang telah dibasahi dengan sedikit air matang. Dinginkan dan bekukan dalam lemari es.
4. Keluarkan dari cetakan, potong-potong pudding bentuk kotak dadu (jangan terlalu kecil). Taruh dalam wadah saji sambil ditaburi dengan fruit cocktail dan jeruk mandarin. Siram dengan sirup orange/leci. Simpan dalam kulkas minimal 1-2 jam agar meresap. Sajikan dingin.

Selamat mencoba :)

1 comment:

Ike Juwita said...

mbak, blognya saya masukkan di daftar blogroll di blog saya. blog saya dimasukkan daftar blog di blog ini mau bangett http://delicheous.blogspot.com/

Post a Comment