Monday, June 1, 2009

DONAT MINI TALAS “BENENG”



Yang ini juga buat dibawa ke pameran ketahanan pangan lokal buat stan kantornya suami. Masih pakai talas ‘beneng’ yang dari Pandeglang tea^_^

Bahan:
- 300 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
- 100 gram talas beneng, dikukus dan dihaluskan
- 10 gram susu bubuk
- 30 gram gula pasir
- 1 ½ sdt ragi instan
- 1 butir telur
- 100 ml air es
- 30 gram margarin
- 1 sdt garam

Taburan:
- Butter cream
- Keju cheddar parut
- Coklat meisyes

Cara membuat:
- Campur terigu, talas beneng, gula pasir, susu bubuk dan ragi instan. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
- Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis dan elastis. Bulatkan dan diamkan 15 menit dalam wadah sampai adonan mengembang.
- Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 15 gram. Bulatkan. Letakkan dalam loyang tipis yang diabur sedikit terigu. Diamkan sekitar 45 menit sampai mengembang.
- Tuang ke adonan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai rata dan homogen (ngaduknya slowly but sure ya…)
- Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dg api kecil sampai kuning kecoklatan kedua sisinya.
- Angkat, tiriskan dan dinginkan. Oles salah sau sisinya dg butter cream dan taburi keju cheddar parut atau coklat meisyes.

Tips:
- Waktu nambahin air, sedikit demi sedikit dan hentikan ketika adonan sudah cukup kalis. Jangan sekaligus untuk menghindari adonan terlalu lembek karena terkadang jumlah air yang dibutuhkan tidak selalu sama dg resep.
- Uleni sampai kalis elastis yaitu ketika adonan sudah tidak lengket lagi di tangan maupun di wadah dan jika diambil sedikit kemudian di bentangkan adonan tidak mudah sobek.
- Lebih bagus lagi gorengnya pakai minyak padat (frying fat) yang sudah dipanaskan, karena hasilnya donat tidak akan menyerap banyak minyak.

No comments:

Post a Comment