Saturday, March 21, 2009

BROWNIES KUKUS PANDAN COKLAT



Brownies ini aku buat tanggal 10 Maret minggu kemarin. Aku buat dg memanfaatkan bahan-bahan kue yg masih tersisa dari Tangerang (tapi bukan bahan sisa ya, hehehee…). Karena oven lagi agak error jadi buat kue yg dikukus aja deh. Sekalian pengen bawa bwt cemilan di kantor, bawaan laper mulu nih! Dasar bumil! :D
Resep ini aku ambil dari sebuah tabloid kuliner (Saji kalo ga salah, hehee...maaf lupa), aku modif dikit.

Bahan:
- 6 kuning telur
- 3 putih telur
- 100 gr gula pasir
- 1 sdt emulsifier (SP/TBM)
- 60 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
- ½ sdt baking powder
- 50 ml santan kental instan
- 1 sdt pasta pandan
- 4 tetes pewarna hijau (gak pakai it’s ok)
- ¼ sdt garam
- 50 gr coklat masak putih, lelehkan
- 1 sdt pasta cokelat (aku pakai pasta black forest)

Cara membuat:
- Panaskan dandang kukusan. Bungkus tutup dandang dg kain serbet bersih.
- Kocok telur, gula pasir,dan emulsifier sampai mengembang dan pucat.
- Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
- Campur jadi satu santan, pasta pandan, pewarna hijau dan garam. Aduk rata, lalu tuang ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
- Tambahkan cokelat masak putih sambil diaduk perlahan.
- Ambil 100 gr adonan. Tambahkan pasta coklat, aduk rata. Sisihkan.
- Tuang setengah bagian adonan hijau di loyang yg dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus 10 menit.
- Tuang adonan coklat, kukus lagi 10 menit.
- Tuang sisa adonan hijau. Kukus 20 menit sampai matang. Tes pakai tusuk gigi/lidi bersih.
- Segera angkat dari dandang kukusan. Keluarkan dari loyang dan setelah agak dingin lepaskan kertas roti. Potong-potong.

Besok paginya aku bawa kue ini ke kantor. Sebelumnya aku kukus lagi 5 menit, so browniesnya jadi fresh dan empuk lagi^_^

No comments:

Post a Comment